6 Tips Mengatur Keuangan Terencana dan Lengkap!

2 min read

Buat kamu para generasi milenial, tips mengatur keuangan untuk masa depan merupakan hal yang krusial.

Namun, sangat disayangkan bahwa tak banyak orang yang mampu mengelola keuangan uang dengan baik. Terkhusus kamu yang berusia 18 hingga 30 tahun yang sering dikenal dengan istilah generasi milenial.

Tuntutan gaya hidup serta perilaku konsumtif merupakan aspek utama para generasi milenial menghancurkan keuangannya. Generasi milenial akan cenderung menikmati hidupnya untuk jalan-jalan, nongkrong, belanja online, nonton konser dan hiburan lainnya.

Tentu hal ini merupakan fakta ironi, apalagi dengan adanya harga tanah yang melambung, properti bahkan kebutuhan pokok yang dapat dengan mudah berubah kapan saja.

Tak heran bila sudah lama bekerja, bahkan memakan waktu tahunan namun tak ada sepeser pun yang terkumpul dan berwujud sebagai tabungan masa depan.

Menabung tentu bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu diperlukan tekad bulat serta tips mengatur keuangan yang baik agar dapat menyisihkan sebagian pendapatan dengan lebih maksimal.

Kamu pun tak perlu khawatir bila kamu masih mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan, karena tim DjoNews telah merangkum tips mengatur keuangan yang terencana khusus buat kamu generasi Milenial.

Baca Juga;

Tips Mengatur Keuangan yang Terencana

1. Buka Rekening Khusus Tabungan

tips mengatur keuangan rekening khusus

Zaman seperti sekarang ini banyak produk perbankan yang tentu memudahkan kamu dalam menabung.

Kamu bisa memilih satu diantara banyaknya model perbankan yang dapat memberikan manfaat serta benefit di kemudian harinya, tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan dan tabunganmu.

Hindarilah menabung dengan rekening yang sama, antara rekening tabungan dengan rekening pendapatan bulanan, ini akan sangat berpengaruh dalam pengontrolan tips mengatur keuangan agar tidak terjadi kekacauan.

2. Sisihkan 10% Pendapatan

Tips Mengatur Keuangan sisihkan pendapatan

Meski nominal yang terbilang kecil, konsistensi yang tinggi akan membuatmu merasakan dampak yang besar diakhirnya.

Kamu perlu untuk tetap konsisten serta tertib sejak awal dengan menyisihkan 10% pendapatan kamu disetiap bulannya (bila pendapatan per proyek maka disesuaikan per proyek. Karena MiMin yang nulis seorang freelance) untuk ditabung ke dalam rekening tabungan yang telah dibuat sebelumnya.

Misalnya saja, pendapatan kamu disetiap bulannya adalah Rp. 5.000.000,- maka 10% nya adalah Rp. 500.000,-. Sejumlah nominal inilah yang perlu kamu masukkan dalam rekening tabunganmu.

INGAT, Konsistensi dan Ketertiban adalah Kunci!

3. Buatlah List Pengeluaran

Tips Mengatur Keuangan list pengeluaran

Membuat catatan pengeluaran akan sangat membantu kamu dalam menjalankan tips mengatur keuangan di tiap periode keuangan pribadimu, baik per proyek maupun per bulan.

Ingatlah bahwa perincian yang detail dapat membantu kamu dalam menganalisa larinya uang pendapatanmu setiap bulannya.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Tips Mengatur Keuangan penghasilan tambahan

Bila yang kamu rasakan adalah pendapatan yang kurang dan belum bisa untuk disisihkan, maka kamu dapat mengakalinya dengan mencari penghasilan tambahan lain.

Kamu bisa menjadi pedagang online, dropshiper, reseller bahkan freelance yang tidak akan mengganggu waktumu sama sekali.

5. Kurangi Penggunaan kartu Kredit

Tips Mengatur Keuangan kurangi penggunaan kartu kredit

Dengan kartu kredit yang berlimpah ternyata tidak memberikan dampak yang baik bagi kondisi keuanganmu, apalagi dalam melaksanakan tips mengatur keuangan.

Memiliki kartu kredit lebih dari satu hanya akan membuat perilaku konsumtif tumbuh dan menguat, serta secara tak langsung akan menjadi kebiasaan untuk berhutang demi kebutuhan yang barang kali tak penting.

Dari aspek lain pun, belum tentu juga kamu bisa dengan mudah membayar tagihan cicilan bulanannya, kan?

6. Mulai untuk Berinvestasi

Tips Mengatur Keuangan mulai berinvestasi
Business people shaking hands together

Meski tak sedikit yang sudah mulai menabung sejak kecil, namun generasi milenial banyak yang masih bingung atau bahkan tak berani untuk mulai berinvestasi.

Padahal, berbagai manfaat dan keuntungan bisa diperoleh bila berani memulai investasi dari sekarang.

Pilihan Investasi di era ini pun memiliki keragaman dari deposito, reksadana, obligasi, saham, emas bahkan properti. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

Singkat Kata: Tips Mengatur Keuangan

Tips Mengatur Keuangan akhir kata singkat kata penutup

Demikian beberapa tips mengatur keuangan terencana untuk generasi milenial.

Meski tak mudah dalam memulai bahkan terasa berat di permulaan, namun percayalah bahwa kelak kamu akan mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan pengorbanan kamu saat ini.

Hal terpenting dalam melaksanakan tips mengatur keuangan adalah niat, disiplin serta konsisten.

  • Niat ialah pendorong dari dalam diri yang akan menggerakkanmu untuk melaksanakannya.
  • Disiplin, ialah perilaku dalam pelaksaan dari masa ke masa dengan tertib.
  • Konsisten, ialah perilaku terus-menerus hingga menjadi sebuah kebiasaan yang terasa janggal bila tak dilaksanakan.

Jadi, jangan hanya berusaha menikmati kehidupanmu saat ini, ya!? Kamu juga harus bisa menikmati hidupmu di masa depan nantinya!

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kamu serta orang-orang yang kamu perdulikan!

Baca Juga;

Yang kamu cari! 7 Tips Perencanaan Keuangan Pribadi

Konsisten dalam melaksanakan perencanaan keuangan pribadi bukanlah perkara yang mudah, apalagi bagi orang yang tak terbiasa mengelola dan melakukan hal ini. Tanpa perencanaan keuangan...
abid
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *