Yang kamu cari! 7 Tips Perencanaan Keuangan Pribadi

2 min read

Konsisten dalam melaksanakan perencanaan keuangan pribadi bukanlah perkara yang mudah, apalagi bagi orang yang tak terbiasa mengelola dan melakukan hal ini.

Tanpa perencanaan keuangan pribadi yang baik, orang akan kesulitan dalam mengatur alur uangnya sehingga rentan akan keamanan finansialnya kedepan nanti.

Perlu kamu ketahui bahwa banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan karena perencanaan keuangan pribadi yang matang. Diantaranya, kamu akan terhindar dari hutang serta kebiasaan yang tidak produktif lainnya.

Menjadi orang yang mapan pun merupakan cita-cita yang diidamkan bagi kebanyakan orang.

Tak memandang apa pekerjaan maupun profesinya, mendapat uang yang melimpah dan bertahan dalam kondisi yang menyenangkan adalah tujuan secara umum.

Semua dapat kamu raih lantaran catatan pengeluaran dan pemasukan anggaran yang lebih terkontrol. Karena, saat ini bekerja dengan cerdas merupakan standar yang tak terelakkan.

Apalagi dengan keadaan hidup yang penuh akan kejutan tak terduga. Seperti PHK tiba-tiba, sakit dan musibah lain yang membutuhkan biaya. Kondisi ini tentu akan merubah arus finansialmu.

Tentu agar kondisi perencaan keuangan pribadi kamu tetap aman, DjoNews sudah merangkum 7 Tips perencanaan keuangan pribadi yang sederhana dan mudah untuk kamu terapkan meskipun masih pemula.

Baca Juga;

1. Buat Budget Plan (Perkiraan Pengeluaran)

7 Tips Perencanaan Keuangan Pribadi budget plan rencana anggaran perkiraan pengeluaran

Menyusun perkiraan pengeluaran adalah aspek penting dalam melaksanakan perencanaan keuangan pribadi.

Dengan adanya perencanaan pengeluaran, laporan keuangan pribadi akan mencatat rincian pendapatan serta pengeluaran dengan gamblang dan transparan.

Tujuan kamu memerlukan perencanaan anggaran ialah sebagai bentuk evaluasi keuangan.

Bila kamu termasuk orang yang ingin memperbaiki batas pengeluaran, maka kamu dapat melihat laporan keuangan kamu dalam perencanaan keuangan pribadi ini.

Selain itu pula, budget plan dapat menjadi acuan dalam menentukan tujuan keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Miliki Rekening Ganda

CEO ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie memaparkan salah satu tips dalam perencanaan keuangan pribadi adalah dengan membagi rekening.

Dengan kamu mempunyai rekening bank lebih dari satu, tentu akan mempermudah kamu dalam melakukan pengelompokkan anggaran dana. Secara garis besar, kamu dapat membaginya menjadi tiga bagian:

Tabungan (Savings)

Rekening khusus yang kamu gunakan untuk menabung dana simpanan demi jangka panjang. Tentunya kamu tidak boleh memperkenankan diri sendiri untuk mengotak-atik isinya, ini semua kamu lakukan agar tujuan kamu dapat mudah tercapai.

Rekening Tabungan (savings) dapat berupa deposito atau tabungan berjangka yang kamu sisihkan dari 30% penghasilan yang kamu dapatkan.

Biaya Hidup (Livings)

Rekening ini berfungsi agar kamu dapat menyimpan anggaran belanja kebutuhan sehari-hari layaknya makanan, pakaian serta tempat tinggal.

Anggaran untuk biaya hidup terbilang cukup besar, ini termasuk pula dengan hitungan dana darurat (lebih baik kamu memisahkannya). Kamu dapat memberikan besaran berupa 50% dari pendapatan kamu.

Rekreasi (Playings)

Rekening ini dapat kamu isi dengan sisa 20% dari penghasilan kamu. Rekreasi tentu juga kamu perlukan meski ini merupakan kebutuhan sekunder.

Rekening ini dapat kamu gunakan sewaktu-waktu yang bersifat hiburan. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir akan urusan biaya, karena kamu sudah menyiapkan jauh sebelumnya.

3. Meningkatkan Pendapatan dan Investasi

Tips ketiga dalam perencanaan keuangan pribadi ialah tentang meningkatkan pendapatan dan juga investasi, ujar Lead Trainer QM Financial Ligwina Hananto.

Dalam perencanaan keuangan pribadi, kamu perlu dengan baik menyusun target dalam meningkatkan pendapatan serta membuat perputaran uang dalam bentuk investasi.

Meningkatkan penghasilan dan berinvestasi adalah kunci agar tujuan dari perencanaan keuangan pribadi dapat mencapai hasil yang menggembirakan.

Alasan lain agar meningkatkan pendapatan serta melakukan investasi ialah adanya kecenderungan harga barang dan jasa yang selalu meningkat setiap tahunnya.

Oleh karena itu, hanya mengandalkan pendapatan dari satu sumber saja bukanlah jalan yang bijak bagi kamu. Tapi, kamu perlu untuk terus meningkatkan penghasilan dan tetap konsisten menjalankan Bugget Plan kamu diawal.

4. Asuransikan Aset Berharga

Apabila kamu memiliki aset yang berharga, berikanlah perlindungan dengan asuransi. Saat ini kamu dapat dengan mudah menemukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Kamu dapat mendapatkan asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, kendaraan bahkan properti.

Tawaran biaya dari setiap penyedia jasa asuransi pun beragam, oleh karena itu kamu perlu menyesuaikan biaya asuransimu dengan batas kemampuan finansialmu.

Yang perlu kamu pahami adalah, asuransi dapat meminimalisir resiko kerugian akibat kejadian yang tak terduga.

5. Siapkan Jaminan Hari Tua

7 Tips Perencanaan Keuangan Pribadi dana anggaran jaminan hari tua

Tips perencanaan keuangan pribadi kelima ialah dengan kamu mempersiapkan dana jaminan di hari tua.

Persiapkanlah anggaran hari tua, karena ini merupakan hal yang amat penting mengingat banyaknya resiko yang dapat terjadi saat memasuki usia senja.

Akan berbeda bagi setiap orang dalam menghitung besaran anggaran hari tuanya. Karena itulah kamu perlu menabung mulai saat ini dengan konsisten, serta pergunakanlah jasa asuransi kesehatan mandiri.

Keuntungan lain dari memiliki dana anggaran jaminan hari tua serta suransinya ialah mencegah resiko pemakaian dana tabungan pribadi.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *